Monday, June 04, 2007

Ganache jadi cantik

banyak yang confuse dan gemes,kenapa ya kalo melapis cake dengan ganache hasilnya selalu tdk licin? bergerindil (berketul-ketul) .. yuuk kita liat apa rahasianya..cara2 melapis cake dengan ganache :-))
Rahasia utk melapis cake dengan ganache menjadi cantik dan mulus sebenernya mudah aja koq..ikuti step by stepnya disini yaaa 1.Mula2 lapisi cake dengan freshcream atau buttercream, masukan sebentar dalam kulkas (peti sejuk) sehingga buttercream/freshcream menjadi agak beku dan padat.
2.Tuang ganache perlahan lahan diatas cake.
3.Dengan bantuan spatula kecil (painting knives) ratakan ganache dengan cepat tapi dengan tekanan yg sangat perlahan sekali
4.buatlah selongsong dari kertas,masukkan ganache dan gunting ujungnya sedikit,dengan cepat cipratkan (pancitkan)ganache ke bagian tepi2 cake,dan biarkan ganache jatuh dengan natural.rapikan bagian bawah dan buang sisa2 ganachenya.
(source : dari demonya TSF "Chocolate decorating")

untuk membuat ganache menurut "Tan See Fong", komposisi bahan2nya 1 banding1 misalnya :
200gr Dark Cooking Chocolate - potong kecil2
200gr Whipping cream
Cara :
masak whipping cream dengan cara double boil,ga usah tunggu sampai mendidih, cukup hangat2 aja, masukan DCC yang sudah dipotong2 kecil. aduk2 (kacau) sampai rata. quality chocolate yg bagus akan membuat ganache nampak berkilat, tapi apabila tak beruntung mendapatkan chocolate dengan kualitas yg bagus, masih ada tips dari sang pakar, masukan 1 sendok (sudu) makan butter kedalam ganache anda dan lihatlah ganache nampak berkilat dengan cantiknya :-)).
tapi kalau mau membuat hiasan seperti rose,etc dengan chocolate, lebih baik menggunakan komposisi seperti ini.
200g DCC
100g Whipping Cream
Caranya sama dengan membuat ganache utk melapisi cake hanya saja adonan ini perlu didiamkan barang semalam, sehingga keesokan harinya dapat digunakan.


mudah khan :-))

3 comments:

Arfi Binsted said...

Sebetulnya kalo pake dark chocolatenya bagus, yang artinya tidak compound, hasilnya bagus aja kok. Saya pernah cuma cemplang cemplung bikin hot chocolate, kan pake susu, dan dark chocolate (72%), hasilnay tetep silky smooth. Kayaknya ini cuma tergantung kepada ketelitian dalam memilih bahan.

Rumah Manise said...

Salam kenal mbak .. kalo mbak arfi bilang bukan compound terus apa dong mbak ??

loveliana,Kuala Lumpur.Malaysia said...

Hihihi Mira..coba baca lagi dalam artikel membuat ganache jd cantik, saya ga ada bilang "wajib" pake compound dan tidak juga menyalahkan kalau ada yg mau pake chocolate yg bukan compound,tergantung citarasa masing2 lah :-)) dan kebetulan aja,dalam foto2 ini menggunakan chocolate compound.

secara prakteknya DCC akan lebih mudah dicairkan dibanding chocolate yg lain,chocolate milk misalnya. tidak percaya? coba aja :-))
seperti kata pepatah hanya "Manikam yg mengenal Jauhari" huhehehehe...